Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Click here
Buka jam 09.00 s/d jam 16.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Spesifikasi Kursi Roda untuk Kenyamanan Maksimal Pengguna

Spesifikasi Kursi Roda untuk Kenyamanan Maksimal Pengguna

Diposting pada 9 October 2012 oleh Jumanji

Walaupun saat ini ada banyak jenis dan bentuk kursi roda yang beredar di pasaran, menemukan kursi roda yang nyaman untuk tiap pengguna kursi roda membutuhkan sedikit kerja keras dan ketelitian. Hal ini karena tiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda akan ukuran, fasilitas serta bentuk kursi roda sehingga jenis kursi roda untuk tiap orang pun tidak dapat disamakan. Akan tetapi, semua pengguna kursi roda memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan; apapun jenis, spesifikasi dan bentuk kursi rodanya, kursi roda tersebut harus bisa menahan beban penggunanya, memberi ruang yang maksimal untuk pergerakan tergantung pada ukuran tubuh dan kondisi fisik pengguna, serta nyaman digunakan dan dikendalikan. Apalagi saat ini berbagai survey yang telah dilakukan terhadap para pengguna kursi roda menunjukkan preferensi para pengguna kursi roda terhadap fasilitas kursi roda yang dapat memberi mereka kenyamanan sekaligus kemandirian seluas mungkin (termasuk besarnya minat terhadap kursi roda ergonomis serta kursi roda untuk pengguna bertubuh besar). Standar pembuatan semua jenis kursi roda di seluruh dunia saat ini mengikuti aturan yang tercantum di dalam ISO 7176 – 5.

Berikut adalah beberapa poin dari spesifikasi kursi roda ideal berdasarkan ISO 7176 – 5:

  1. Fungsi ergonomis kursi roda. Kursi roda yang baik harus bisa membuat penggunanya bisa dengan mudah menggerakkan kursi roda baik itu manual maupun elektrik, namun pada saat yang bersamaan pengguna juga harus bisa mengerem dengan cepat bila perlu. Berdasarkan survey I Made Londen Batan dari Universitas Kristen Petra tahun 2005-2006 terhadap pengguna kursi roda di Surabaya, sebagian besar responden juga menginginkan kursi roda yang dudukannya bisa direbahkan serta bisa disesuaikan baik dengan cara dinaikkan maupun diturunkan.
  2. Dimensi kursi roda. Berdasarkan ukuran tubuh standar orang Indonesia, dimensi ukuran kursi ideal harus memiliki panjang total 1,3 meter, lebar total 700 cm, tinggi total 1 m, tinggi sandaran 300cm, tinggi sandaran dari tempat duduk 200 cm, tinggi kursi dari lantai 500 cm, lebar kursi 500 cm dan panjang kursi 450 cm. Dimensi standar memungkinkan sebagian besar pengguna kursi roda Indonesia mampu memutar tubuh bagian atasnya di atas kursi roda serta memberi tangan ruang gerak yang cukup untuk menggerakkan kursi roda manual secara leluasa.
  3. Kenyamanan kursi roda. Sandaran dan tempat duduk kursi roda harus empuk, bisa menopang dengan nyaman dan tidak mengganjal atau terasa menekan walaupun diduduki sepanjang hari. Penahan kaki juga harus cukup lebar, tidak mudah anjlok, serta berada di ketinggian yang tepat sehingga membuat lutut menekuk 90 derajat, tidak terlalu naik atau turun.
  4. Kekuatan kursi roda. Rangka kursi roda harus bisa menahan beban maksimal 150 kg yang meliputi bobot pengguna serta perlengkapannya. Akan tetapi, rangka tersebut harus memiliki momen inersia yang sedemikian rupa sehingga walaupun kuat dan tidak goyah saat diduduki, kursi roda tidak akan sampai menjadi terlalu berat.

Pengguna kursi roda dapat menggunakan poin-poin di atas sebagai referensi saat mencari kursi roda bersama keluarga atau rekan. Pengguna kursi roda serta pendampingnya sebaiknya jangan ragu-ragu untuk menanyakan kepada toko atau distributor mengenai spesifikasi kursi roda yang mereka jual agar standar kenyamanan dan kekuatan produk teruji. Poin-poin spek di atas juga bisa digunakan sebagai patokan bila seorang pengguna kursi roda memiliki karakteristik khusus yang membutuhkan beberapa penyesuaian untuk kursi rodanya, misalnya bila ia bertubuh amat gemuk, amat pendek atau amat tinggi.

Bagikan informasi tentang Spesifikasi Kursi Roda untuk Kenyamanan Maksimal Pengguna kepada teman atau kerabat Anda.

Spesifikasi Kursi Roda untuk Kenyamanan Maksimal Pengguna | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Spesifikasi Kursi Roda untuk Kenyamanan Maksimal Pengguna

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
joker123 slot777 mahjong ways
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan