Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Click here
Buka jam 09.00 s/d jam 16.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Manajemen Kursi Roda untuk Pekerja di Kantor Sempit

Manajemen Kursi Roda untuk Pekerja di Kantor Sempit

Diposting pada 9 October 2012 oleh Jumanji

Pengguna kursi roda juga memiliki hak untuk bekerja selama mereka masih mampu. Akan tetapi, banyak pengguna kursi roda terutama yang baru saja menggunakannya mengalami kesulitan dalam melakukan berbagai manuver atau mengatasi halangan fisik, misalnya di kantor. Pengguna kursi roda biasanya bisa menguasai penggunaan kursi roda dengan cepat dan penghuni rumah biasanya akan mengatur agar situasi rumah bisa lebih mendukung untuk pergerakan pengguna kursi roda, namun menggunakan kursi roda untuk beraktifitas di kantor bisa berbeda. Karena merupakan tempat umum dimana berbagai aktifitas berlangsung sepanjang hari, kantor merupakan tempat yang dipenuhi dengan penghalang seperti lemari, rak, meja, dinding kubikel, tangga serta berbagai jenis pintu (termasuk yang berat). Belum lagi bila pengguna kursi roda harus memakai ruangan atau kubikel selagi bekerja yang pastinya membatasi gerak, serta bila bangunan kantor ternyata kurang memfasilitasi pemakai kursi roda.

Manajemen Gerak Pengguna Kursi Roda di Kantor
Walaupun sebagian besar kantor perusahaan besar cenderung memiliki fasilitas untuk membantu pengguna kursi roda seperti jalur landai yang tidak berundak, pegangan tangan pada jalur kursi roda serta lift lebar, harus diakui bahwa banyak bangunan kantor di Indonesia yang masih kurang ramah terhadap kebutuhan pengguna kursi roda. Selain itu, kantor sempit bisa menjadi masalah karena mengurangi gerak pengguna kursi roda untuk pekerja. Pengguna kursi roda yang harus bekerja di kantor sebaiknya berdiskusi dengan atasan untuk membuat beberapa penyesuaian di ruang kerja agar keadaannya lebih mudah untuk bekerja. Misalnya, bila kantor pekerja tadinya terletak di lantai atas dan tidak tersedia lift, pekerja tersebut bisa meminta agar kantornya pindah ke lantai dasar. Tinggi meja dan lemari juga sebaiknya disesuaikan dan peralatan kantor yang paling sering digunakan bisa dipindahkan ke rak atau laci terbawah. Barang-barang yang tidak diperlukan sebaiknya disingkirkan dari kantor agar tidak membatasi ruang gerak pengguna kursi roda.

Kursi Roda yang Tepat untuk Pekerja Kantor
Ada beberapa jenis kursi roda yang tersedia di pasaran yaitu kursi roda manual, kursi roda otomatis, kursi roda dengan sandaran fleksibel dan kursi roda untuk perjalanan. Menentukan kursi roda untuk pekerja sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pekerja, kondisi keuangan serta keadaan di kantor tempatnya bekerja. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk memilih kursi roda bagi pekerja kantor:

  1. Pekerja di kantor yang luas serta memiliki fasilitas lengkap memiliki banyak pilihan kursi roda; pilihan termurah tentu saja kursi roda manual, apalagi karena ada cukup banyak ruang untuk pergerakan.
  2. Bila kantor terhitung sempit atau memiliki banyak halangan, bisa dipertimbangkan membeli kursi roda untuk traveling. Jenis kursi roda ini biasanya ringan dan ringkas serta tidak memakan terlalu banyak tempat.
  3. Bagi yang menghabiskan banyak waktu di kantor bisa memilih kursi roda dengan sandaran fleksibel untuk mengistirahatkan punggung dan pinggang. Pilihlah kursi roda yang modelnya masih menyerupai model manual, bukan yang memiliki sandaran tebal.
  4. Bila ada biaya lebih, membeli kursi roda elektrik merupakan pilihan yang paling tepat untuk mendukung pergerakan di kantor. Mengemudikan kursi roda elektrik di kantor yang sempit cenderung lebih mudah daripada mengemudikan kursi roda manual.

Saat ini ada berbagai macam jenis kursi roda, termasuk kursi roda elektrik wheel base yang bentuknya menyerupai kursi kantor di atas landasan beroda alih-alih diapit dua roda besar di sisinya. Yang terakhir ini cukup ideal sebagai kursi roda untuk kantor karena bentuknya memang hampir menyerupai kursi kantor bersandaran tangan kecuali bagian bawahnya yang beroda. Walaupun harganya mahal, tetapi sebaiknya dipertimbangkan untuk mendukung kegiatan pekerja difabel yang serius.

Bagikan informasi tentang Manajemen Kursi Roda untuk Pekerja di Kantor Sempit kepada teman atau kerabat Anda.

Manajemen Kursi Roda untuk Pekerja di Kantor Sempit | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Manajemen Kursi Roda untuk Pekerja di Kantor Sempit

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan