Click here
Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Penyimpanan Kursi Roda

Tips Penyimpanan Kursi Roda

Diposting pada 11 October 2012 oleh Jumanji

Walaupun kursi roda dipakai hampir sepanjang hari oleh penggunanya, hal itu tidak berarti bahwa penyimpanan kursi roda tidak perlu diperhatikan. Agar kursi roda tetap awet dan selalu berada dalam kondisi terbaiknya untuk waktu yang lama, kursi roda harus disimpan sedemikian rupa sehingga tidak mudah kotor dan rusak. Trik menyimpan kursi roda bukan hanya berlaku saat kursi roda di rumah sedang tidak digunakan, melainkan juga ketika kursi roda tersebut dipindahkan atau dibawa dari satu tempat ke tempat yang lain, terutama yang jaraknya jauh. Cara menyimpan kursi roda yang baik tidak hanya sekedar menaruhnya di tempat tertutup; jika anda ingin kursi roda tersebut awet, anda harus melakukan beberapa hal ekstra yang sebenarnya cukup mudah namun bisa menjamin keawetan kursi roda untuk waktu yang lama.

Berikut adalah beberapa tips menyimpan kursi roda:

  1. Saat sedang tidak digunakan dalam waktu lama, lipatlah kursi roda dan bungkus dengan penutup plastik lalu simpan di tempat yang tidak lembab agar tidak menimbulkan jamur atau karat. Kalaupun jenis kursi roda anda tidak bisa dilipat, tetap bungkus dan simpan di tempat yang bersih serta kering.
  2. Jika anda membersihkan atau melumasi kursi roda sebelum menyimpannya, dan kursi tersebut jenis yang bisa dilipat, jangan langsung melipat kursi roda ketika masih dalam keadaan lembab. Tunggu hingga tiap bagian dan permukaan benar-benar kering sebelum melipat dan menyimpannya agar tidak berjamur atau menguarkan bau tak sedap.
  3. Untuk penyimpanan kursi roda elektrik, terutama bila kursi roda tersebut disimpan di tempat tertutup, pastikan tempat penyimpanan tersebut tidak lembab atau sering dilewati tikus. Kelembaban dan tikus dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen elektriknya, misalnya korslet karena kabel basah atau digigiti tikus.
  4. Jangan menyimpan kursi roda yang terlipat di tempat dimana debu akan mudah menumpuk, misalnya di kolong tempat tidur dan bersentuhan langsung dengan lantai. Kalaupun anda terpaksa menyimpan kursi roda yang terlipat di kolong tempat tidur, pastikan agar kursi roda tersebut terbungkus plastik rapat-rapat (kalau perlu beberapa rangkap) agar tidak ada penumpukan debu di sela-sela komponen, terutama dari debu yang beterbangan saat anda menyapu.
  5. Pastikan kursi roda terbungkus rapat ketika anda harus memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya jauh. Hal ini terutama berlaku untuk kursi roda elektrik; jangan sampai komponennya rusak atau mengalami korslet karena terkena percikan air hujan saat dipindahkan, misalnya.
  6. Jika anda hendak menaruh kursi roda yang terlipat di dalam kendaraan seperti mobil, pastikan bahwa kursi roda yang terlipat tidak tertindih oleh benda-benda lain.
  7. Jika ingin, anda bisa mencari produk seperti pelindung roda untuk kursi roda. Pelindung ini dipakai untuk melapisi bagian luar roda kursi sebelum si pengguna keluar rumah dan akan melewati medan yang basah atau berlumpur. Selain membantu menjaga lantai rumah tetap bersih ketika kembali, pelindung ini juga bisa melindungi roda dari kontak dengan lumpur dan kotoran.

Mengetahui cara tepat untuk menyimpan dan memindahkan kursi roda dari satu tempat ke tempat lain merupakan bagian penting dari perawatan kursi roda agar kursi tersebut tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Pendamping pengguna kursi roda sebaiknya memelajari hal-hal ini sejak awal mendampingi seseorang yang harus menggunakan kursi roda.

Bagikan informasi tentang Tips Penyimpanan Kursi Roda kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Penyimpanan Kursi Roda | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Tips Penyimpanan Kursi Roda

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan