Click here
Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Pengguna Kursi Roda dan Roda Transportasi Masal

Pengguna Kursi Roda dan Roda Transportasi Masal

Diposting pada 9 October 2012 oleh Jumanji

Indonesia memiliki undang-undang khusus yang mengatur tentang hak-hak kaum difabel seperti UU nomor 4 tahun 1997 tentang penyandang cacat dan PP nomor 43 tahun 1998, namun pemakai kursi roda di kendaraan umum masih mengalami kesulitan untuk sekedar naik-turun kendaraan umum apalagi mendapat akomodasi tempat yang lapang untuk menampung kursi rodanya. Kendaraan umum seperti metromini dan bus kota seolah enggan memberi tempat kepada pemakai kursi roda dengan alasan menghambat proses kejar setoran. Bahkan tempat-tempat untuk menaiki moda transportasi masal seperti bus dan halte Trans Jakarta tidak memiliki ram (jalur landai untuk kursi roda) yang pas atau memadai. Ada halte bus yang memiliki ram yang terlalu curam atau tidak memiliki pegangan tangan, stasiun kereta api yang hanya memiliki satu ram padahal ada tiga pintu, serta bandara dengan posisi ram yang kurang strategis. Pemakai kursi roda biasanya masih bisa merasa nyaman bepergian menggunakan pesawat karena ada kebijakan ketat mengenai penumpang pengguna kursi roda, namun bagaimana dengan kendaraan umum darat seperti bus dan kereta api?

Keterbatasan Fasilitas untuk Kaum Difabel di Moda Transportasi Darat
Pemakai kursi roda di kendaraan umum darat seperti bus dan kereta api di Indonesia memang masih sangat kurang terwakili. Walaupun PP nomor 43 tahun 1998 sudah dengan jelas merinci keharusan menyediakan akses untuk naik dan turun kendaraan umum, misalnya halte yang ditinggikan agar lantainya sejajar dengan lantai bus serta ram yang kemiringannya tidak membahayakan dan dilengkapi pegangan, berbagai peraturan tersebut terbukti belum banyak diterapkan. Sejauh ini, banyak pengguna kursi roda yang harus bergantung pada kendaraan pribadi yang disetir anggota keluarga atau paling bagus menggunakan taksi untuk pergi ke suatu tempat lewat jalur darat. Bahkan bila terpaksa harus menggunakan transportasi umum masal, pengguna kursi roda sering harus meminta bantuan kepada pengantarnya atau orang-orang di sekitarnya untuk melipat, menaikkan dan menurunkan kursi rodanya sehingga kemandiriannya menjadi terbatas. Fasilitas yang tidak ada juga termasuk tempat khusus bagi pengguna kursi roda untuk menunggu atau naik turun kendaraan (agar tidak berdesakan dengan penumpang lain), toilet serta tempat duduk khusus. Selain itu, banyak di antara tempat-tempat ini yang tidak memiliki pemberitahuan khusus mengenai keberadaan fasilitas untuk pengguna kursi roda sehingga dapat menimbulkan kebingungan.

Menyikapi Keterbatasan Fasilitas Moda Transportasi untuk Kaum Difabel
Walaupun kaum difabel masih tetap membutuhkan bantuan untuk menggunakan transportasi masal seperti bus dan pesawat terbang, ada baiknya pemakai kursi roda beserta keluarganya memperkirakan jenis kursi roda yang sebaiknya dibeli bila ada kemungkinan si pemakai akan sering pergi keluar dan harus menggunakan kendaraan umum bila terpaksa. Setidaknya, pemakai kursi roda bisa memilih jenis kursi roda ringan yang tidak memakan terlalu banyak tempat walaupun tidak dilipat namun dengan bentuk rangka yang praktis untuk dilipat serta dibongkar kembali jika keadaan mengharuskan, misalnya kursi roda untuk traveling, tentunya sejauh keadaan fisiknya memungkinkan untuk penggunaan kursi roda semacam itu. Pengguna kursi roda di Indonesia juga masih harus memerlukan pengantar bila harus bepergian menggunakan transportasi masal. Walaupun akses kursi roda yang memadai untuk pengguna transportasi darat di Indonesia masih merupakan mimpi, paling tidak pengguna kursi roda sudah bisa cukup bersiap dengan memilih kursi roda yang tidak akan merepotkan pendampingnya kala harus menggunakan moda transportasi masal terutama transportasi darat.

Bagikan informasi tentang Pengguna Kursi Roda dan Roda Transportasi Masal kepada teman atau kerabat Anda.

Pengguna Kursi Roda dan Roda Transportasi Masal | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Pengguna Kursi Roda dan Roda Transportasi Masal

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan