Click here
Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Pengguna Kursi Roda dan Aksesibilitas di Tempat Umum

Pengguna Kursi Roda dan Aksesibilitas di Tempat Umum

Diposting pada 9 October 2012 oleh Jumanji

Walaupun pengguna kursi roda nampaknya belum begitu terwakili dalam hal menggunakan fasilitas di tempat umum di Indonesia, sesungguhnya pemerintah Indonesia telah memiliki peraturan khusus yang mengatur tentang aksesibilitas bagi pengguna khusus bangunan atau fasilitas umum yang tentu saja termasuk pengguna kursi roda. Tempat-tempat umum ini termasuk halte atau pemberhentian kendaraan umum, bandara, stasiun kereta api, gedung perkantoran, tempat wisata, trotoar, fasilitas publik dan pusat perbelanjaan. Dasar undang-undang untuk keberadaan peraturan ini adalah UU Nomor 4 Tahun 1997 tentang persamaan kesempatan serta pemberian perlakuan khusus bagi penyandang cacat, sedangkan deskripsi pengaturan fasilitas khusus sebagai bagian dari peningkatan kesejahteraan penyandang cacat ada di dalam UU Nomor 48 Tahun 1993 yang juga bisa disebut UU aksesibilitas. Undang-undang ini dibuat demi memberi dasar formal bagi hak-hak pengguna khusus fasilitas publik sekaligus menggambarkan itikad baik negara dalam hal memberikan kesempatan yang setara untuk memeroleh kesejahteraan dan kemandirian bagi semua warganya.

Jenis-jenis Aksesibilitas untuk Pengguna Kursi Roda
Secara umum, aksesibilitas untuk pengguna kursi roda di tempat umum dapat meliputi aksesibilitas fisik dan non fisik. Aksesibilitas fisik merupakan hal-hal yang secara fisik dapat membantu dalam hal penggunaan fasilitas umum serta akses pengguna kursi roda di tempat umum seperti fasilitas keluar masuk tempat umum dengan menggunakan jalur khusus atau ram (jalur landai pengganti tangga) dengan kemiringan yang tepat, fasilitas pintu dan lift yang cukup lebar, fasilitas toilet serta tempat duduk khusus di dalam moda transportasi serta jalur penyelamatan diri khusus bila ada keadaan darurat. Sementara itu, aksesibilitas non fisik dapat berupa keberadaan sumber atau sarana informasi yang memadai mengenai keberadaan fasilitas untuk pengguna kursi roda, misalnya loket khusus, rambu-rambu spesial atau petugas yang kooperatif dan dibekali wawasan tentang pelayanan terhadap pengguna fasilitas yang berkursi roda. Pembangunan fasilitas khusus untuk pengguna kursi roda di tempat umum bahkan diatur dengan lebih spesifik dalam SNI bangunan, termasuk hal-hal seperti derajat kemiringan ram yang tepat serta penyesuaian tinggi meja loket di bandara atau stasiun untuk pengguna biasa dan pengguna khusus. Bahkan di bagian tentang bandara ada peraturan mengenai penyesuaian akses untuk ruang pemeriksaan khusus untuk pengguna kursi roda yang harus menjalani pemeriksaan karena suatu hal dan ruang pengambilan bagasi tersendiri.

Menyikapi Penerapan UU Aksesibilitas dan SNI Bangunan
Keberadaan UU aksesibilitas serta pasal-pasal tentang fasilitas khusus bagi pengguna kursi roda dalam Standar Nasional Indonesia untuk bangunan umum sebenarnya membuktikan bahwa pemerintah Indonesia sudah memiliki niat untuk menyamaratakan hak-hak kemandirian antara pengguna kursi roda dan kaum difabel pada umumnya dengan orang-orang yang bukan difabel. Akan tetapi, penerapannya merupakan hal yang penerapannya masih belum maksimal. Para pengguna kursi roda pun tidak punya pilihan lain selain berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan. Namun setidaknya, keberadaan peraturan formal yang kuat berupa undang-undang umum, undang-undang khusus, peraturan pemerintah serta Standar Nasional Indonesia untuk fasilitas bagi pengguna khusus di ruang publik dapat menjadi dasar formal yang kuat bagi pengguna kursi roda yang merasa menerima perlakuan diskriminatif saat menggunakan fasilitas umum atau berada di bangunan publik. Karena itu, bagi para pengguna kursi roda atau mereka yang memiliki kenalan pengguna kursi roda yang mendapat perlakuan diskriminatif di tempat umum, jangan ragu-ragu untuk melaporkan hal tersebut dengan menggunakan dasar-dasar formal yang telah dijabarkan.

Bagikan informasi tentang Pengguna Kursi Roda dan Aksesibilitas di Tempat Umum kepada teman atau kerabat Anda.

Pengguna Kursi Roda dan Aksesibilitas di Tempat Umum | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Pengguna Kursi Roda dan Aksesibilitas di Tempat Umum

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan