Click here
Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Jenis-jenis Kursi Roda

Mengenal Jenis-jenis Kursi Roda

Diposting pada 10 October 2012 oleh Jumanji

Seiring perkembangan teknologinya, kursi roda kini bukan hanya muncul dalam bentuk kursi roda manual yang kerap kita lihat berwarna hitam dengan roda-roda besar di sampingnya; berbagai jenis kursi roda kini muncul dalam beragam bentuk, ukuran, spek dan teknologi yang mampu menyokong aktifitas mereka yang difabel atau mengalami kondisi yang memengaruhi mobilitas. Karena kondisi yang memengaruhi mobilitas dapat berbeda-beda, spek dan teknologi kursi roda pun harus menyesuaikan. Kini, bila kerabat atau anggota keluarga anda mengalami sesuatu yang mengakibatkan hilangnya mobilitas, anda dapat memilih di antara beragam jenis kursi roda selain kursi roda manual. Berikut adalah berbagai jenis kursi roda yang kini dapat kita jumpai.

1. Kursi roda manual
Kursi roda ini adalah yang paling sering kita lihat, dimana kursi roda ini biasanya dioperasikan dengan cara didorong oleh pendamping atau digerakkan sendiri oleh si pengguna menggunakan dorongan tangan. Karena termasuk jenis yang umum dijumpai, kursi ini cenderung berharga sangat murah di Indonesia dan bahkan bisa didapat dengan harga di bawah 800 ribu rupiah.

2. Kursi roda elektrik
Sesuai namanya, kursi roda ini dapat dikendalikan oleh sistem pengendali elektronik sehingga pengguna tidak perlu mendorong secara manual. Kursi ini diperuntukkan untuk pengguna yang kemampuan motoriknya tidak cukup untuk menggunakan kursi roda manual atau mengalami masalah pada jantung atau pernapasan sehingga tidak kuat mendorong kursi roda sendiri. Harga kursi roda elektrik cenderung mahal karena teknologinya.

3. Kursi roda untuk olahraga
Kursi roda sport ini diperuntukkan untuk atlit paralimpik yaitu orang difabel yang dapat melakukan kegiatan olahraga secara serius. Karena ada beragam olahraga yang dapat dilakukan pengguna kursi roda seperti balap lintasan, basket, tenis dan bahkan rugby, bentuk kursi roda untuk olahraga tentu saja harus disesuaikan. Rangkanya harus ringan namun kuat serta tidak dapat melipat dan rodanya dimodifikasi sehingga pengguna dapat melakukan manuver-manuver tangkas seperti menikung tiba-tiba atau membelok tajam.

4. Kursi roda yang dapat berdiri (standup wheelchair)
Sesuai namanya, kursi roda ini dapat ‘berdiri’ alias dinaikkan sehingga si pengguna dapat terangkat hingga ke posisi yang lebih tinggi. Mekanisme pengangkatan ini dilakukan oleh sistem hidrolik dan kursi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang harus sering-sering meraih sesuatu di tempat tinggi.

5. Kursi roda pantai
Penampilan kursi roda pantai sangat menyolok pada rodanya; bagian roda kursi ini sangat lebar sehingga tidak akan terbenam ke dalam pasir. Kursi ini sering disediakan oleh resort tepi pantai di beberapa negara untuk mengakomodasi pengunjung berkursi roda. Variasi dari kursi roda macam ini adalah kursi roda salju.

6. Kursi roda bariatrik
Kursi roda ini diperuntukkan untuk mereka yang mengalami obesitas. Kursi macam ini dirancang untuk menahan beban hingga 500 kg, kebalikan dari kursi roda pada umumnya yang hanya bisa menahan beban maksimal antara 125 hingga 150 kg.

7. Kursi roda pediatrik
Spek kursi roda pediatrik sangat jelas terlihat dari ukurannya yang lebih kecil, sandaran dan dudukan yang dapat diatur serta keberadaan sabuk pengaman (terutama untuk anak-anak yang juga mengidap cerebral palsy).

Keberadaan bermacam-macam kursi roda ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang mengalami bermacam-macam kondisi khusus yang berlainan, akan tetapi tetap lebih baik bila pengguna kursi roda atau pendampingnya berkonsultasi dengan dokter atau orang yang lebih ahli sebelum memilih kursi roda yang tepat.

Bagikan informasi tentang Mengenal Jenis-jenis Kursi Roda kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Jenis-jenis Kursi Roda | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Jenis-jenis Kursi Roda

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan