Click here
Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Pilih Beli Kursi Roda Lokal atau Impor?

Pilih Beli Kursi Roda Lokal atau Impor?

Diposting pada 11 October 2012 oleh Jumanji

Membeli kursi roda memang sebuah pengeluaran yang harus dilakukan demi membantu anggota keluarga atau kerabat yang mengalami masalah dalam hal mobilitas. Harga kursi roda yang mahal biasanya tidak akan menghentikan banyak keluarga untuk membeli kursi roda jika mereka membutuhkannya. Banyak orang yang walaupun berasal dari keluarga yang kurang mampu akan berusaha untuk bisa membeli kursi roda untuk anggota keluarga yang mengalami gangguan mobilitas; hal ini karena kursi roda bukan hanya berguna untuk membantu penggunanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain namun juga untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk kursi rodanya sendiri ada dua pilihan yaitu kursi roda buatan lokal dan impor. Banyak orang yang baru hendak membeli kursi roda untuk pertama kalinya berpendapat bahwa membeli kursi roda buatan lokal akan lebih menghemat biaya, terutama karena kursi roda lokal jelas tidak membutuhkan pengeluaran ekstra seperti pajak pengiriman dan tarif pengiriman yang mahal. Pertanyannya, bila berkaitan dengan kursi roda, apakah pilihan tersebut sudah tepat?

 

Hal ini ternyata tidak bisa menjadi patokan. Saat ini, di Indonesia, produk kursi roda yang lebih banyak beredar di pasaran dan lebih mudah ditemukan justru kursi roda buatan luar negeri bukannya lokal. Sella dan Longmax merupakan dua contoh merk kursi roda impor yang mudah ditemukan di berbagai toko dan distributor kursi roda di Indonesia. Hal ini disebabkan karena produksi kursi roda di Indonesia memang cenderung masih sedikit dan bahkan ada yang dari segi kualitas meragukan karena belum memeroleh ijin Depkes RI dan bahkan belum tentu memenuhi standar ISO 7176 untuk pembuatan kursi roda sehingga banyak orang yang lebih suka membeli merk impor yang sudah populer dan meyakinkan dari segi konstruksi. Di samping itu, banyak produk kursi roda dalam negeri terutama kursi roda manual mematok harga agak lebih tinggi daripada kursi sejenis buatan Cina, misalnya, dengan perbedaan yang bisa berkisar antara 400 hingga 800 ribu bahkan sejuta rupiah. Hal ini bisa jadi karena marjin keuntungan bagi pembuat kursi roda lokal juga agak lebih rendah daripada importir kursi roda. Harga kursi roda buatan luar negeri tentu saja masih harus ditambah dengan biaya pajak impor dan tarif pengiriman kursi roda, namun kedua hal itu biasanya dianggap sebagai sesuatu yang bisa diterima bila yang dicari adalah kualitas.

 

Intinya, di Indonesia, masih belum ada patokan yang jelas dalam hal memilih kursi roda bermutu kecuali bila si pembeli memiliki banyak uang sehingga bisa membeli kursi roda buatan merk terkenal Amerika atau Eropa yang mahal dan berteknologi canggih. Kursi roda buatan Cina atau Taiwan mungkin mematok harga rendah bahkan ada yang hanya 600 ribuan rupiah, namun harga suatu kursi roda impor di satu distributor di Indonesia bisa jadi berbeda dengan distributor lain. Alasannya, banyak kursi roda yang diimpor tanpa melalui jalur resmi sepenuhnya sehingga sampai ke tangan distributor dengan patokan harga yang berbeda. Dalam hal ini, bila harga adalah patokan utama anda dalam membeli kursi roda, anda sebaiknya mau bersusah-payah sedikit dalam hal survey harga ke beberapa toko atau distributor untuk memeroleh standar harga penawaran terbaik bagi satu jenis kursi roda (tentu saja dengan memastikan bahwa toko atau distributor kursi roda tersebut bereputasi baik). Akan tetapi, bila anda berpatokan lebih kepada kualitas, mungkin belum ada jalan lain selain membeli kursi roda impor.

Bagikan informasi tentang Pilih Beli Kursi Roda Lokal atau Impor? kepada teman atau kerabat Anda.

Pilih Beli Kursi Roda Lokal atau Impor? | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Pilih Beli Kursi Roda Lokal atau Impor?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan