Click here
Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Jenis Pengguna Kursi Roda dan Tips untuk Pendamping

Jenis Pengguna Kursi Roda dan Tips untuk Pendamping

Diposting pada 10 October 2012 oleh Jumanji

Kursi roda merupakan alat yang disebut mobility device atau sarana mobilitas, yang berarti fungsi utamanya adalah membantu mobilitas mereka yang kemampuan mobilitasnya terganggu atau hilang karena suatu hal. Hilangnya mobilitas bisa terjadi karena hal alami maupun suatu kondisi, penyakit atau kecelakaan. Jika seseorang di usia berapapun menunjukkan tanda-tanda akan mulai kehilangan mobilitasnya dan tidak bisa lagi mengandalkan tongkat bantu jalan, atau mengalami sesuatu yang kemungkinan akan menghilangkan kemampuan mobilitasnya, anggota keluarga atau pendampingnya sebaiknya mulai bersiap-siap menyediakan kursi roda. Penggunaan kursi roda sendiri dapat bersifat permanen ataupun hanya sementara. Karena kebutuhan tiap pengguna kursi roda bisa berbeda, anggota keluarga atau pendampingnya juga sebaiknya memelajari beberapa hal yang dibutuhkan untuk bisa membantu si pengguna kursi roda untuk menyesuaikan diri dengan hari-hari yang harus dijalani di atas kursi roda.


Jenis-jenis Pengguna Kursi Roda

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang harus menggunakan kursi roda, yaitu:

  1. Usia tua. Seseorang yang bertambah usia biasanya makin kehilangan kepadatan tulang dan masa ototnya, terutama bila orang tersebut jarang melakukan olahraga atau mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kepadatan tulang. Tidak semua orang usia lanjut membutuhkan kursi roda, tetapi bila orang tersebut sudah nampak mengalami kesulitan bahkan untuk berdiri dan berjalan beberapa langkah saja, kursi roda sebaiknya dipertimbangkan.
  2. Kecelakaan. Jenis kecelakaan yang menyebabkan cedera atau kondisi permanen pada bagian-bagian atau organ seperti kaki, bagian otak yang mengatur gerak motorik, bagian pinggang dan pinggul atau sumsum tulang belakang kemungkinan besar dapat menyebabkan seseorang harus menggunakan kursi roda.
  3. Penyakit atau kondisi apapun yang menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan mobilitasnya, misalnya cerebral palsy dan polio.
  4. Kondisi tertentu yang gejalanya membuat si pengguna harus menggunakan kursi roda untuk sementara, misalnya baru menjalani operasi yang berat atau dalam kondisi kesehatan yang menurun setelah melahirkan.

Terlepas dari penyebabnya, pengguna kursi roda juga ada yang memiliki karakteristik tambahan yang mungkin akan menyebabkan variasi dalam pendampingan serta pemilihan jenis kursi rodanya, misalnya pengguna yang masih kecil, pengguna yang karena kondisinya sering melakukan pergerakan tak terkontrol seperti epilepsi atau kejang cerebral palsy, atau pengguna yang mengalami kelebihan berat badan parah sehingga kursi roda biasa yang berukuran dan berdimensi normal belum tentu cocok untuk mereka.


Tips untuk Pendamping Pengguna Kursi Roda

Mendampingi orang yang menggunakan kursi roda membutuhkan banyak kesabaran dan ketelatenan, terutama karena pengguna kursi roda memiliki keterbatasan dan halangan lebih dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki masalah fisik. Pertama-tama, pendamping harus memahami mengapa si pengguna membutuhkan kursi roda dan apa jenis kursi roda yang dibutuhkannya. Pendamping juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, terapis fisik atau membaca buku mengenai penyesuaian cara hidup bersama pengguna kursi roda. Sebagai contoh, pendamping harus menata ulang rumah sehingga pengguna kursi roda mendapat jalur yang cukup mulus dan leluasa untuk berpindah tempat serta bermanuver dengan kursi rodanya. Perabotan juga harus diatur sedemikian rupa, termasuk posisi tempat tidur dan meja tulis serta pengaturan letak barang-barang di rak, hingga pengguna kursi roda tidak merasa terhalang dalam aktifitas sehari-hari. Pendamping juga sebaiknya berdiskusi dengan dokter bila pengguna kursi roda memiliki karakteristik khusus, misalnya bila pengguna bertubuh sangat gemuk, masih kecil atau harus sering bepergian.

Bagikan informasi tentang Jenis Pengguna Kursi Roda dan Tips untuk Pendamping kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis Pengguna Kursi Roda dan Tips untuk Pendamping | Kursi Roda

Komentar dinonaktifkan: Jenis Pengguna Kursi Roda dan Tips untuk Pendamping

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan